RSS
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ROLE PLAY SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Bingung mencari metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan konsep sistem ekskresi pada manusia? Bosan dengan metode ceramah, tanya jawab atau diskusi? Bagaimana dengan metode bermain peran (role play)? Saya merekomendasikan metode tersebut untuk dicoba.
Berdasarkan pengalaman saya sewaktu mengajar di SMA, antusiasme siswa dalam mempelajari sistem ekskresi pada manusia, terutama pada saat menjelaskan struktur morfologi dan anatomi ginjal cukup memuaskan. Memang, butuh persiapan yang matang dan tenaga yang ekstra dalam pelaksanaannya. Akan tetapi, hasil yang didapat juga sepadan.
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda memilih metode pembelajaran ini tentu saja membuat skenario. Setelah itu, tentukan konsep apa yang akan dijelaskan, lalu berapa banyak tokoh yang diperlukan untuk memainkan skenario Anda. Jangan lupa, Anda juga sebaiknya menyiapkan properti yang akan mendukung penjelasan konsep Anda. Properti yang dibuat sederhana saja, misalnya papan nama dari karton untuk setiap nama tokoh dalam skenario. Papan nama tersebut kemudian digantungkan di leher masing-masing siswa yang akan tampil dan memainkan perannya. Akan jauh lebih baik jika Anda juga menambahkan ciri khas dari setiap tokoh yang akan ditampilkan. Terakhir, lakukan latihan bersama siswa yang sudah ditunjuk sebelum naskah Anda ditampilkan.
Dalam bermain peran, Anda harus jeli dalam menentukan siswa yang berbakat untuk memainkan peran yang akan ditampilkan. Jangan memilih siswa yang pemalu atau sulit untuk berkomunikasi, karena itu akan membuat konsep yang disampaikan dalam bentuk skenario menjadi samar atau bahkan tidak jelas. Selain itu, untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga semua siswa memperhatikan teman-temannya yang tampil, Anda bisa membuat kelompok terlebih dahulu, kemudian memberi mereka secarik kertas berisi sejumlah soal yang sudah dilengkapi dengan rumpang-rumpang untuk diisi. Rumpang yang dijawab tentu saja harus berdasarkan dialog dalam naskah, dengan demikian dialog antartokoh dalam skenario akan diperhatikan dan berusaha dipahami oleh semua siswa.
Tanpa bermaksud menggurui, saya hanya ingin berbagi hal-hal positif yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya di lapangan. Berikut ini adalah contoh naskah yang pernah saya buat dan saya pergunakan dalam role play morfologi dan anatomi ginjal beserta instrumen soal dan kunci jawabannya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengklik LINK ini. Jika ada tambahan ataupun ketidaksesuaian, Anda bisa merevisi isi skenarionya. Sebagai catatan, naskah ini diperuntukkan untuk jenjang SMA, mengingat kedalaman materinya yang tidak sesuai dengan jenjang SMP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Let's Talk...

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x