RSS
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

DUA HARI UNTUK DITAFAKURI

Alhamdulillah... Akhirnya saya bisa lagi menikmati segarnya mandi dengan air bersih, bertemu dengan kasur dan guling yang membuat tidur saya nyaman. Hari Sabtu sampai dengan Minggu sore tadi saya baru saja mengikuti “Orientasi Pembina Ekstra Kurikuler Bidang Kepramukaan”. Rejeki silaturahim saya bertambah dengan 63 orang-orang baru yang saya temui dalam kegiatan tersebut. Ibu baru, kakak baru, adik baru, saudara baru. Pada awalnya, saya merasa dipaksa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Tapi, berhubung sekolah sudah membayar cukup mahal untuk biaya pendaftarannya, maka mau tidak mau saya harus maju. 

Agak mengherankan memang, mengingat tugas tambahan saya untuk sekarang ini hanya menjadi wali kelas dan koordinator laboratorium. Sebentar lagi mungkin bertambah dengan tugas pembinaan olimpiade yang proposalnya harus saya selesaikan besok lusa (hiks hiks). Jadi sebenarnya, apakah saya orang yang tepat untuk mengikuti orientasi ini? Entahlah, tapi ketika ditanyakan alasan kenapa saya yang diikutsertakan, ‘sesepuh’ bilang, “Biar yang muda kaya pengalaman.” Ada benarnya juga, tapi masalahnya saya tidak menginginkan pengalaman ini. Haha

Perlu diketahui, sejak SD sampai dengan SMA saya tidak pernah mengikuti organisasi apapun di sekolah. Semuanya selalu berakhir di tengah jalan. Waktu SMP saya pernah berniat ikut pramuka; rela ikut latihan setiap hari. Tapi saat hari pelantikan, saya justru jatuh sakit. Sewaktu SMA saya berniat ikut PMR. Latihannya pun saya lakoni. Tapi itu juga kandas karena sesuatu hal. Baru kemudian, saat kuliah saya mulai aktif di himpunan mahasiswa biologi dan saat semester 7 sempat bergabung dengan MPI (Majelis Percikan Iman) divisi MYEC (Moslem Youth Education Club) angkatan V di luar kampus. Pernah juga ikut nimbrung di Forum Lingkar Pena (FLP) yang bermarkas di Mesjid Salman ITB walaupun hanya bertahan selama 3 minggu, karena ternyata menjadi mahasiswi jurusan biologi itu menyita banyak waktu.

Berdasarkan riwayat organisasi yang tidak meyakinkan di atas, saya merasa bukan orang yang tepat untuk mewakili rekan-rekan yang lain. Sejujurnya, saya takut kalah pengetahuan dengan orang lain yang akan saya temui nanti, karena wawasan saya tentang pramuka memang benar-benar minus. Akan tetapi, semua ketakutan itu kini sirna dan berganti dengan kesyukuran bahwa saya pernah mendapatkan pengalaman semacam ini.

Mungkin pengalaman ini tidak berarti apa-apa untuk orang lain, tapi bagi saya pribadi, ini adalah obat bagi ke-futur-an saya belakangan ini. Ya, pengalaman ini membuat saya banyak bertafakur. Sulit bagi saya mengungkapkan satu persatu mengenai hikmah apa yang sudah saya dapatkan dari pengalaman ini. Ilmu dan perjumpaan dengan orang-orang yang membuat diri kita menjadi mahluk yang semakin shaleh adalah rejeki yang paling saya cintai. Rejeki yang terlalu banyak dan akan cukup banyak untuk membuat saya berubah menjadi manusia yang lebih baik. Pada akhirnya saya tahu, Allah mencintai saya dengan cara yang sempurna. Biar saya dan Allah yang tahu betapa berharganya dua hari ini untuk saya. Saya mengagumi semua orang yang saya temui di sana dari sisi yang berbeda-beda. Saya seolah diingatkan oleh-Nya tentang banyak hal melalui perkataan, kesantunan, kesederhanaan, kebaikan, keshalehan, kesabaran, kerendahan hati, dan ilmu orang lain. Beberapa wajah yang mengagumkan akan saya ingat dengan baik sebagai tempat saya bertafakur.

Saya memiliki beberapa gambar yang sempat saya abadikan. Sayangnya, saya tak punya banyak kesempatan untuk mengambil gambar dari setiap kegiatan yang dilakukan. Pertama, karena saya peserta; kedua, HP saya lowbat; dan ketiga, cuaca tidak mendukung. Oleh karena itu, peristiwa-peristiwa yang justru memberi kesan mendalam bagi saya – api unggun, basah kuyup saat latihan PBB-AB di bawah hujan deras – tidak bisa ada dalam frame. One for sure, all the pictures minus me.... *Terpaksa insyaf jadi banci kamera :'(      

Tenda regu putra
Tenda regu putri
Istirahat sejenak setelah selesai mendirikan tenda
Penyampaian materi kepramukaan
Penyampaian materi mengenai tata upacara dari pihak kepolisian
Salah seorang pembina memberikan contoh cara berjalan di atas sebilah bambu
Saatnya  teman saya mencoba... ^^"
Kerjasama regu putri membawa sebilah bambu
Giliran regu putra yang beraksi ^^
Merangkak :'(
Persiapan untuk permainan crazy cow ^^
Ayo, cari jalan keluar... Dengarkan instruksinya ^^
Saatnya regu putri beraksi ^^
Komando harus diikuti semua. Keluar tanpa boleh menyentuh tali.Susah :(

Hujan... Saatnya mengungsi dari dalam tenda :(


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Let's Talk...

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x