RSS
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

REVISI TAKSONOMI BLOOM


Beberapa waktu yang lalu saya membuat kisi-kisi untuk soal ulangan harian. Pada salah satu kolom ada jenjang kognitif soal yang harus diisi. Karena tidak semua kata kerja operasional ranah kognitif mampu saya ingat sebagai indikator untuk menentukan jenjangnya, maka saya mencari-cari buku mengenai taksonomi Bloom sewaktu kuliah dulu. Jujur saja, buku itu sudah lama tidak saya sentuh. Ketika saya mencari halaman yang membahas tentang taksonomi Bloom, tiba-tiba saja saya menemukan beberapa lembar kertas yang terselip pada halaman buku paling belakang. Setelah saya baca, ternyata itu adalah fotocopy taksonomi Bloom yang sudah direvisi yang saya dapatkan dari bapak Ari Widodo, dosen  saya sewaktu kuliah dulu.

Saya sama sekali tidak ingat bahwa taksonomi Bloom yang lama sudah mengalami revisi. Kemudian, setelah saya baca, saya mendapatkan inti dari perbedaan taksonomi yang lama dengan taksonomi yang baru. Secara garis besar, bapak Ari Widodo dalam draft-nya menjelaskan perbedaan itu  melalui tabel berikut:



Untuk lebih lengkapnya, penjelasan mengenai revisi taksonomi Bloom dapat Anda unduh dengan meng-klik  link di bawah ini.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Let's Talk...

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x