RSS
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

PERTANYAAN SEPUTAR PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Pada tulisan saya sebelumnya, saya pernah membahas beberapa hal yang berkaitan dengan pendidikan karakter secara umum. Kali ini saya ingin mengupas pendidikan karakter secara lebih spesifik berkaitan dengan rumpun mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab saya yaitu IPA.

Sekitar beberapa bulan yang lalu, sekolah kami yang termasuk dalam Rayon 3 Kabupaten Garut mendapatkan undangan untuk menghadiri workshop - menurut teman saya lebih tepat dikatakan sosialisasi - pendidikan karakter yang bertempat di SMP Negeri 1 Leuwigoong. Undangan tersebut mengharuskan sekolah mengirimkan satu orang guru untuk setiap rumpun mata pelajaran sebagai perwakilan. Untuk rumpun mata pelajaran IPA, diwakili oleh rekan saya yang background-nya fisika.

Sepulangnya rekan saya dari 'workshop' tersebut, kami saling bertukar pikiran mengenai informasi-informasi yang ia dapatkan dari hasil kegiatan tersebut. Kemudian, rekan saya tersebut memberi saya beberapa copy-an kertas yang berisi contoh penyusunan silabus, RPP, dan peta nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa berdasarkan mata pelajaran. Berikut saya cantumkan peta nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa berdasarkan mata pelajaran yang menjadi awal dari kebingungan saya.

PETA NILAI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA 
BERDASARKAN MATA PELAJARAN (IPA & PLH)


Berdasarkan tabel di atas, setidaknya ada dua pertanyaan yang mengganjal saya hingga hari ini dan itu belum bisa terjawab melalui diskusi dengan teman serumpun, mengingat pihak yang berkapasitas untuk menjawab pertanyaan saya ini pastinya adalah fasilitator yang diamanahi untuk mensosialisakan pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Pertanyaaan pertama yang muncul ketika saya melihat tabel ini adalah adanya poin skeptis. Dalam Encarta Dictionaries, yang dimaksud dengan skeptis adalah seseorang yang meragukan nilai kebenaran sesuatu. Entah nilai seperti apa persisnya yang diinginkan dari sikap skeptis ini dalam kerangka IPA, karena mengacu pada pengertian tadi, sikap skeptis bukanlah sikap yang positif. Saya tidak menyalahkan rekan saya yang tidak bisa menjawab pertanyaan saya, karena ternyata dia pun mempermasalahkan kata-kata skeptis ini, namun dia tak memiliki kesempatan untuk bertanya karena ternyata satu orang fasilitator harus memfasilitasi begitu banyak guru dalam ruangan yang berbeda-beda. Jadi, sampai saat ini saya belum berani mencantumkan kata-kata skeptis dalam silabus ataupun RPP yang saya susun dalam salah satu peta nilai di atas. Menurut

Pertanyaan kedua adalah mengenai nilai saklek dari penggunaan keseluruhan kata yang berada pada peta nilai di atas. Dari beberapa contoh silabus dan RPP yang saya teliti, kata-kata tersebut sering ditulis secara langsung, sehingga maksud dari tujuan pembelajaran maupun kegiatan pembelajaran terlihat begitu eksplisit. Sebagai contoh, ketika mencantumkan tujuan kegiatan pembelajaran pada materi ekosistem, maka untuk menerapkan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa, tujuan kegiatan pembelajaran dirumuskan seperti di bawah ini:
 
"Siswa dapat mengidentifikasi satuan-satuan ekosistem di sekitarnya berdasarkan hasil pengamatan secara jujur dan teliti."

Dari contoh di atas, kita tentu saja bisa langsung membaca karakter apa yang diharapkan dari peserta didik dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Tapi, apakah harus selalu eksplisit seperti itu? Bagaimana dengan rumusan tujuan pembelajaran yang saya tuliskan:

"Siswa dapat menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan dengan kata-kata sendiri."

Walaupun saya tidak menuliskan secara jelas nilai karakter apa yang diharapkan, tapi melalui rangkaian kalimat "dengan kata-kata sendiri", secara implisit dapat diterka bahwa karakter yang diharapkan dari peserta didik dalam tujuan pembelajaran di atas adalah nilai intelektual mereka.

Jujur saja, kebingungan saya ini menghambat pembuatan silabus maupun RPP. Saya jadi ragu-ragu dan cenderung malas untuk mengerjakannya. Mudah-mudahan saya bisa menemukan jawabannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Let's Talk...

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x